Rabu, 11 Mei 2016

DAKON SEBELUM TIDUR

CONGKLAK/DAKON

Congklak adalah salah satu permainan tradisional yang paling populer dimainkan anak zaman dahulu. Permainan ini dimainkan diatas papan yang memiliki lubang-lubang tempat meletakkan biji permainan. Biji ini dapat berupa batu/kelereng/biji-bijian/atau yang lain.


Cara memainkan congklak dimulai dengan membagi biji ke seluruh lubang dengan jumlah sama kecuali lubang yang dijadikan lumbung penyimpanan(lubang ujung kanan dan ujung kiri). Tiap anak menguasai biji-biji yang terdapat pada satu baris di dekatnya.
Selanjutnya secara bergantian anak yang bermain mengambil seluruh biji dalam sebuah lubang kemudian membaginya satu-persatu secara berurutan berlawanan arah jarum jam. Seterusnya hingga pada suatu ketika, biji yang terakhir di letakkan pada lubang kosong milik kita di depan lubang lawan yang berisi biji-biji maka biji-biji lawan pada lubang tersebut menjadi milik kita. Permainan berakhir ketika seluruh biji telah masuk ke lumbung. Anak yang menang adalah yang mengumpulkan biji lebih banyak.

Image result for permainan tradisional CONGKLAK

Permainan Dakon atau dakon ini menggunakan papan permainan yang memiliki 14 lubang dan 2 lubang besar yang berada di ujung kiri dan kanan. Setiap 7 lobang kecil di sisi pemain dan lobang besar di sisi kananya dianggap sebagai milik sang pemain. Permainan ini hanya bisa dimainkan oleh 2 orang



Permainan dianggap selesai apabila salah satu pemain sudah tidak ada biji lagi yang dapat diambil (seluruh 
 biji ada di lobang besar disisi kanan dan kiri pemain). Pemenang ditentukan dengan yang mendapatkan biji 
terbaik
 
teImage result for permainan tradisional CONGKLAK

1 komentar:

  1. Kurang menantang mas kalo main dakon sebelum tidur. Karena permainan ini sama halnya mengandalkan keberuntungan saja, kalo saya prefer ke maling-malingan mas. Soalnya permainan ini menunjukkan skill, strategi tim, dan kecepatan. Yang nantinya ketika permainan ini selesai, sang pemain akan merasa capek karena terkuras tenaganya, dan hal itu bisa memicu untuk kita lebih beristirahat (tidur). Wkwkwk :))

    BalasHapus